Network Layer Dalam Jaringan Komputer

Posted by Tutorial Programming Simple Senin, 07 Oktober 2013 0 komentar
Pengertian Network Layer 

Network layer adalah Lapisan tingkat ketiga dari model OSI,yang mengatur pengalamat jaringan dan menyediakan suatu bentuk ‘panduan’bagi data untuk berpindah dari satu titik ke titik yang lainya di dalam jaringan. 

Tiga fungsi utama  :

1.Path Determination : menentukan rute yang ditempuh paket dari sumber ke tujuan 
2.Switching : memindahkan paket dari input router ke output router
3.Call Setup : beberapa arsitektur jaringan mensyaratkan router call setup sepanjang jalur sebelum data dialirkan


Cara Kerja Network

Segmentasi

network segment adalah sebuah metode untuk membagibagi jaringan besar tersebut menjadi jaringan-jaringan kecil. Dengan segmentasi maka menjadikan setiap grup-grup jaringan membutuhkan sebuah pengalamatan yang berbeda yang mengidentifikasikan jaringannya. Internet adalah kumpulan dari segment-segment jaringan yang berhubungan, bertujuan untuk sharing informasi. 

Router

Router adalah internetworking device yang bekerja pada OSI layer 3 (network layer). Router-router tersebut saling menghubungkan segment-segment jaringan. Router melewati paket data berdasarkan informasi network layer. Router membuat keputusan berdasarkan pengalamat logika (pengalamatan network layer secara hirarki) dan menentukan jalur terbaik. Router mengambil paket data dari sebuah jaringan LAN dan kemudian meneruskan ke LAN yang berbeda sesuai dengan tujuan paket data tersebut. 

Logical Address dan Physical Address pada Layer Network

Alamat fisik bisa dianalogikan sebagai nama anda, sedangkan alamat logika sebagai alamat kotak pos anda. Jika anda pindah rumah maka nama anda tidak akan pernah berubah tetapi alamat kotak pos anda akan berubah. Jadi jika anda memindahkan komputer dari sebuah jaringan ke jaringan lain maka alamat fisik tidak akan pernah berubah, sedangkan anda harus mengganti alamat logika sesuai dengan jaringan yang baru. Alamat fisik adalah alamat MAC (alamat yang sudah terdapat di NIC yang tidak dapat dirubah), sedangkan alamat logika adalah alamat IP.

Switching

1. Kemampuan dari sebuah router untuk menerima data pada satu port dari satu jaringan dan mengirim nya keluar port yang lain pada jaringan lainnya. 
2. Memindahkan data antara jaringan-jaringan terhubung untuk mencapai tujuan akhir.

Network layer ini berfungsi untuk mengambil paket dari sumber dan mengirimkanya ke tujuan. Supaya sampai di tujuan perlu banyak di buat top hop pada router-router perantara di sepanjang lintasannya. Fungsi layer ini sangat kontras dan fungsi data link layer yang memiliki tujuan lebih sederhana cukup memindahkan frame dari ujung  kabel yang satu ke ujung yang lainnya.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Network Layer Dalam Jaringan Komputer
Ditulis oleh Tutorial Programming Simple
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://computercan.blogspot.com/2013/10/network-layer-dalam-jaringan-komputer.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar