Data Link Layer Dalam Jaringan Komputer

Posted by Tutorial Programming Simple Selasa, 01 Oktober 2013 0 komentar
Data link layer merupakan layer yang berada di antara network layer dan physical layer , bertugas untuk mengatur pengiriman frame dari satu hop ( node ) ke hop berikutnya.


Error Control

Pertamas kita akan bahas tentang error control terlebih dahulu, kalo diartiin error control artinya pengendalian terhadap kesalahan yang berarti data link layer dapat mengendalikan kesalahan yang terjadi pada data melalui error control sehingga data yang dikirimkan dapat diterima dengan baik oleh receiver.

Ada 2 Tipe Error :

1. Single Bit Error

Dalam single bit error hanya ada 1 bit data yang mengalami kesalahan/error, hanya ada 1 bit dari unit data yang berubah nilainya sehingga data menjadi error.


2. Burst Error

Burst error berarti jika ada 2 atau lebih bit data yang nilainya berubah .

Cara Kerja dari error control dalam data link layer adalah dengan melakukan pendektesian ( detection ) terlebih dahulu terhadap data lalu baru melakukan koreksi ( correction ) terhadap data-data yang telah dideteksi.

Error detection menggunakan konsep redudansi, yang berarti menambahkan bit-bit tambahan untuk mendeteksi kesalahan data saat data berada di tujuan.

3 metode error detection

1. Parity Check
Metode ini menggunakan konsep menambahkan bit parity pada unit data, sehingga jumlah bit 1 adalah bilangan genap.

2. Cyclic redundancy check ( CRC )
Menambahkan CRC remainder pada unit data, sehingga codeword habis dibagi bilangan tertentu.

3. Checksum
Sender mengirimkan checksum field dan data, dimana nilai checksum adalah komplemen dari jumlah data. Receiver menerima dan menjumlahkan data & checksum field , jika komplemen = 0, Data OK! selain itu, Data Rusak!

Flow Control

Flow control berfungsi Mengatur aliran pengiriman data dari Sender ke Receiver Sehingga penerima tidak dibanjiri dengan data.

Ada 3 Mekanisme Flow Control :

1. Stop And Wait ARQ

Setelah sender mengirimkan frame pertama, frame berikutnya akan dikirimkan setelah menerima konfirmasi (ACK) untuk frame sebelumnya dari receiver. Pada Stop-and-wait ARQ, sender mengirimkan frame satu per satu  kepada receiver, Jika sender tidak menerima ACK (error) untuk frame tertentu dari receiver, frame tersebut dikirimkan kembali  (retransmission)



2. Go Back N ARQ

Beberapa frame dikirimkan sementara menunggu konfirmasi (ACK) receiver. Jika tidak ada konfirmasi, maka frame dikirimkan kembali. Pada Go-back-N ARQ,beberapa frame dikirimkan oleh sender kepada receiver.Jika sender tidak menerima ACK (error) untuk frame tertentu dari receiver, retransmission secara berurutan dimulai dari frame tersebut.

3. Selective Repeat ARQ

Beberapa frame dikirimkan sementara menunggu konfirmasi (ACK) receiver. Jika ada frame yang error, maka receiver akan mengirimkan  konfirmasi negatif (NAK). Pada Selective Repeat ARQ,beberapa frame dikirimkan oleh sender kepada receiver. Jika sender menerima NAK (ada error)  untuk frame tertentu dari receiver,  hanya frame tersebut yang dikirimkan kembali

Access Control

Menangani akses terhadap media/link untuk menghindari collision (tabrakan) dalam medium.

Addressing

Data Link Layer bertugas untuk pengalamatan (Addressing)
Tujuan : Identifikasi mesin dalam satu local area network (LAN)
Alamat untuk data link layer disebut juga dengan physical address, mac address, ataupun Ethernet address.
01:05:07:5C:C6:9D = 6 bytes = 12 hex digits = 48 bits

Framing
Data Link Layer bertugas untuk melakukan enkapsulasi (Pembungkusan) Paket dari layer sebelumnya dibungkus menjadi frame.

Data dibungkus dengan menambahkan alamat tujuan dan alamat asal serta beberapa info lainnya sehingga data dapat sampai di tujuan dengan baik

Sumber :

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Data Link Layer Dalam Jaringan Komputer
Ditulis oleh Tutorial Programming Simple
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://computercan.blogspot.com/2013/10/data-link-layer-dalam-jaringan-komputer.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar