Physical Layer Dalam Jaringan Komputer

Posted by Tutorial Programming Simple Sabtu, 21 September 2013 1 komentar
Physical Layer ( Lapisan fisik ) adalah lapisan dasar dari semua jaringan dalam model OSI dimana lapisan ini berfungsi untuk mentransmisikan sinyal data analog maupun digital. Perangkat yang beroperasi di layer ini adalah hub, repeater, network adapter/network interface card, dan host bus adapter.
OSI Layers Model
tanggung jawab terbesar dan terpenting dari lapisan fisik adalah untuk memindahkan data ( dalam bentuk bit ) dalam bentuk signal elektromagnetik dari satu hop ke hop lain. data yang ingin distransmisikan harus diubah dalam bentuk signal elektrogmanetik, kita mengenal 2 jenis signal elektromagnetik yaitu sinyal analog dan sinyal digital. 

Sinyal Analog dan Sinyal Digital



Sinyal Analog

Sinyal analog adalah sinyal data yang berbetuk gelombang kontinu, dengan menggunakan sinyal analog ini, transmisi data dapat dikirimkan dengan jarak yang jauh, seperti yang digunakan pada WiFI ,tapi sinyal ini rentan terhadap gangguan noise. Pada umumnya sinyal analog memiliki 3 buah parameter yaitu Amplitudo (Ukuran Tinggi rendahnya sinyal), frekuensi(Jumlah gelombang dalam satuan detik) dan fasa(Besar sudut pada saat tertentu).

Sinyal Digital

Sinyal digital adalah sinyal data dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan secara tiba-tiba dan mempunyai besaran 0 dan 1, transmisi ini hanya dapat menjangkau jarak pengriminan yang relatif dekat, dalam mentransmisikan datanya dibutuhkan sebuah alat yang dinamakan MODEM atau modulator demodulator. Modulator digunakan untuk menerjemahkan data atau sebuah informasi dalam bentuk sinyal digital menjadi dinyal analog lalu di transmisikan, sedangkan demodulator akan menerjemahkan kembali sinyal analog menjadi data atau informasi.

Fungsi Lapisan Fisik

1. Data Encoding

Encoding adalah suatu metode mengubah suatu aliran bit data ke dalam kode standar yang baku. Selain membuat kode untuk data, metode pengkodean pada lapisan fisik juga dapat memberikan kode untuk tujuan kontrol seperti mengidentifikasi awal dan akhir dari frame.

2. Pemberian Signal

Lapisan Fisik diharuskan menghasilkan sinyal-sinyal listrik, optik, atau nirkabel yang mewakili nilai “1″ dan “0″ pada media transmisi. Metode mewakili bit disebut metode isyarat. Standar lapisan fisik harus bisa menentukan nilai dari sinyal apakah bernilai “1″ dan “0″.

kabvel kawat tembaga
Kabel Kawat Tembaga


Referensi :

http://yudhislibra911.blogspot.com/2011/09/lapisan-fisik-physical-layer-pengenalan.html

http://xaverius.najoan.net/index.php/component/content/article/4-lecture/18-jaringan-komputer
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Physical Layer Dalam Jaringan Komputer
Ditulis oleh Tutorial Programming Simple
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://computercan.blogspot.com/2013/09/physical-layer-dalam-jaringan-komputer.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 komentar:

Shikamaru Nara mengatakan...

good job min
solder uap

Posting Komentar