Belajar Hardware Komputer

Posted by Tutorial Programming Simple Kamis, 11 Juli 2013 0 komentar
Secara umum untuk belajar hardware komputer harus mengetahui bahwa hardware komputer terdiri dari 3 bagian utama yaitu Input Device, Output Device, dan Central Processing Unit ( CPU ). input device merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menerima masukkan dari user sehingga komputer menerima suatu nilai untuk diolah menjadi suatu data atau informasi sedangkan output device berfungsi untuk menampilkan hasil data yang telah diolah serta CPU berfungsi sebagai otak dari komputer yang menjalankan serangkaian proses untuk mengolah data/informasi dari proses input hingga proses output.

Belajar Hardware Komputer


Input Device pada sistem komputer sekarang sudah cukup canggih karena dapat menerima masukkan atau input yang sangat beragam mulai dari suara,gambar,sentuhan,klik,dan lain lain. hal ini tentunya sangat membantu para user dalam mengoptimalkan komputer sebagai media penyimpanan data yang efisien.

Keyboard dan mouse terus berkembang mulai dari port ps/2 lalu usb dan kini telah diluncurkan mouse dan keyboard dengan teknologi wireless sehingga tidak membutuhkan kabel lagi untuk terhubung dengan komputer. 

keyboard wireless
Keyboard dan Mouse
Keyboard merupakan salah satu contoh input device yang paling sering dijumpai karena tanpa keyboard mustahil kita dapat mengetik di Microsoft office ataupun melakukan chatting di dunia maya walaupun terdapat fitur keyboard on screen dari windows yang dapat kita munculkan di layar monitor. bagi kita yang hanya ingin chatting atau berseluncur di dunia maya tentu tidak terlalu masalah jika keyboard on screen yang dipakai tapi jika yang memakai komputer adalah gamer ataupun pegawai kantor tentu akan sangat repot mengklik huruf demi huruf dan dapat dipastikan sangat memperlambat jam kerja dan main bagi para gamer 

on screen keyboard
On Screen Keyboard
Joystick merupakan input device yang tren di kalangan gamer terutama gamer PES karena joystick merupakan komponen wajib jika ingin memainkan game PES bersama teman. banyak joystick yang beredar di pasaran dan dijual dengan harga yang relatif murah dan tinggal pilih sesuai selera

Joystick murah
Joystick
Scanner adalah salah satu input device yang digunakan untuk memasukkan input berupa gambar,teks, ataupun membaca kode barang di suatu supermarket. banyak sekali jenis scanner yang beredar di pasaran sesuai dengan fungsinya masing-masing dan biasanya satu scanner hanya bisa digunakan untuk satu jenis input. jika scanner itu adalah scanner gambar/photo maka scanner hanya dapat digunakan untuk melakukan penginputan foto sehingga foto kita dapat menjadi foto digital dengan ektensi file sesuai dengan pilihan kita.

scanner canon murah
scanner canon

Output device merupakan bagian dari komponen hardware komputer yang berfungsi menampilkan keluaran dari data yang diolah seperti foto,suara,tampilan video/gambar, dan lain-lain.

Monitor salah satu output device yang berfungsi untuk menampilkan data yang diolah oleh sebuah komputer. ada banyak sekali jenis monitor sesuai dengan design dari pabrikan monitor itu sendiri namun sekarang banyak monitor yang didesign lebih tipis dari monitor sebelumnya yang rata-rata berukuran lebih besar dan berat.
Monitor Slim
Monitor Slim 
monitor tabung
Monitor Tabung
Printer merupakan alat yang digunakan untuk mencetak data atau informasi yang ada pada komputer misalnya gambar dan teks. ada banyak jenis printer diantranya dot matrik, injekt, dan laser.
printer injekt
Printer Injekt
printer laser
Printer Laser
printer dot matrik
Printer Dot Matrik
Central Processing Unit adalah bagian inti dari komputer dimana semua proses dan kualitas dari sebuah komputer sangat bergantung dari bagian ini. setiap hardware dalam CPU ini saling mempengaruhi sehingga semua hardware dalam CPU harus dalam keadaan baik karena jika salah satu komponen rusak maka CPU tidak dapat bekerja dengan benar.

Motherboard merupakan papan sirkuit dan panel-panel elektronik yang mengatur kerja sistem komputer serta merupakan papan utama cpu karena semua hardware harus terhubung ke papan ini.
motherboard bongkar
 Motherboard 
Processor adalah otak utama dari komputer dimana semakin tinggi kualitas proceessor maka kinerja komputer pun akan semakin baik dan cepat karena komputer sangat bergantung pada processor yang memproses semua aksi yang dijalankan oleh sistem komputer.
processor athlon
Processor AMD Athlon 
RAM merupakan Random Access Memory biasanya disebut memory tapi berbeda dengan memory pada hp atau penyimpanan data karena RAM adalah memory yang digunakan untuk menyimpan data sementara sehingga memudahkan kerja processor dalam memproses data sehingga pada saat komputer off atau mati maka RAM akan kosong. hal ini menunjukkan bahwa RAM hanya akan terisi memory atau data saat ada instruksi komputer yang harus dieksekusi atau diproses.
RAM vgen murah
RAM
Harddisk adalah media yang digunakan untuk penyimpanan data dalam komputer dimana sistem operasi sebuah komputer terinstall dalam harddisk komputer itu sendiri. harddisk dibagi menjadi  2 yaitu harddisk internal dan eksternal, harddisk eksternal hanya digunakan untuk menyimpan data dan tidak memegang perngaruh terhadap sistem komputer sedangkan harddisk internal memegang peran yang sangat vital karena data sistem operasi pada sebuah komputer ada dalam harddisk internal komputer bersangkutan.
hardisk komputer murah
Harddisk
VGA Card adalah Video Graphics Adapter Card yang befungsi menapilkan grafik atau gambar ke monitor. ada 2 jenis VGA Card yaitu AGP (Accelerated Graphics Port) dan PCIexpress (Peripheral Component Interconnect) sesuai dengan mainboard. biasanya saat membeli PC VGA card internal telah dipasang namun tidak menutup kemungkinan jika kita ingin mengganti VGA dengan kualitas yang lebih bagus terutama bagi para gamers maupun para desain grafis.
vga card adalah
VGA Card
Power Supply merupakan komponen yang befungsi untuk menyuplai arus listrik ke komponen-komponen komputer yaitu motherboard, harddisk , dan cd rom. power supply adalah jantung dari CPU yang membuat CPU dapat bekerja karena power supply yang menyalurkan arus listrik dalam CPU
power supply bagus
Power Supply

Optical Drive adalah komponen yang berfungsi untuk membaca data dari sebuah CD. hal ini tentu sangat baik karena kita dapat memutar video film yang ada pada CD melalui komputer tanpa harus membeli dvd dan optical drive wajib ada karena proses installasi sistem operasi memerlukan CD - ROM walaupun installasi sistem operasi dapat dilakukan dengan flashdisk namun jika flashdisk rusak atau corrupt tentu akan merepotkan.
optical drive LG
Optical Drive
LAN Card atau Local Area Network Card merupakan komponen yang memungkinkan satu komputer terhubung ke komputer lain menggunakan kabel LAN serta memungkinkan kita untuk terhubung ke internet selama ada jaringan internet berupa wifi ataupun speedy.
LAN Card
Sound Card adalah kartu suara yang berfungsi untuk mengeluarkan suara saat kita memutar musik,video,game,ataupun suara beep pada komputer membutuhkan sound card karena tanpa sound card komputer tidak dapat mengeluarkan bunyi apa-apa.
sound card
Sound Card
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Belajar Hardware Komputer
Ditulis oleh Tutorial Programming Simple
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://computercan.blogspot.com/2013/07/belajar-hardware-komputer.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar