Network Devices Dalam Jaringan Komputer

Posted by Tutorial Programming Simple Selasa, 01 Oktober 2013 0 komentar
Network Devices adalah komponen - komponen yang digunakan untuk menghubungkan komputer atau perangkat-perangkatg elektronik lainnya sehingga data-data dapat dibagikan.

Pada sebuah jaringan komputer 1 komputer bertindak sebagai server dan komputer-komputer lainnya bertindak sebagai komputer client. semua komputer terhubung ke hub eksternal dan hub berfungsi untuk melewatkan sinyal secara bolak balik dan untuk mengarahkan sinyal tersebut maka digunakanlah router untuk mengatur traffic data, 

BAGAIMANA ROUTER MEMBEDAKAN KOMPUTER YANG SATU DENGAN LAINNYA ?

router dapat mengenali setiap komputer karena setiap komputer memiliki network card dimana setiap network card memiliki alamat yang unik dan berbeda antara satu dengan yang lainnya.

MEDIA TRANSMISI DATA :


Kabel Coaxial

Karakteristik kabel coaxial :

Kecepatan dan keluaran 10 - 100 MBps
Biaya Rata-rata per node murah
Media dan ukuran konektor medium
Panjang kabel maksimal yang di izinkan yaitu 500 meter (medium)

Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP)

1. Category (CAT) 1
Digunakan untuk telekomunikasi telepon dan tidak sesuai untuk transmisi data.

2. Category (CAT) 2
Jenis UTP ini dapat melakukan transmisi data sampai kecepatan 4 Mbps.

3. Category (CAT) 3
Digunakan untuk mengakomodasikan transmisi dengan kecepatan sampai dengan 10 Mbps.

4. Category (CAT) 4
Digunakan untuk mengakomodasikan transmisi dengan kecepatan sampai dengan 16 Mbps.

5. Category (CAT) 5
Merupakan jenis yang paling popular dipakai dalam jaringan komputer di dunia pada saat ini. Digunakan untuk mengakomodasikan transmisi dengan kecepatan sampai dengan 100 Mbps.

Kabel Shielded Twisted Pair (STP)

Secara fisik kabel shielded sama dengan unshielded tetapi perbedaannya sangat besar dimulai dari kontruksi kabel shielded mempunyai selubung tembaga atau alumunium foil yang khusus dirancang untuk mengurangi gangguan elektrik. Kekurangan kabel STP lainnya adalah tidak samanya standar antar perusahaan yang memproduksi dan lebih mahal dan lebih tebal sehingga lebih susah dalam penanganan fisiknya.

Kabel Serat Optik (Fiber Optik)

Karakteristik kabel fiber optik :

Beroperasi pada kecepatan tinggi (gigabit per detik)
Mampu membawa paket-paket dengan kapasitas besar
Biaya rata-rata pernode cukup mahal
Media dan ukuran konektor kecil
Kebal terhadap interferensi elektromagnetik
Jarak transmisi yang lebih jauh ( 2 - 60 kilometer)

ROUTER

Router adalah alat yang dapat menghubungkan dua atau lebih jaringan komputer yang berbeda. Pada dasarnya router adalah sebuah alat pada jaringan komputer yang bekerja di network layer pada lapisan OSI. Pada router terdapat routing table yaitu tabel yang berisi alamat-alamat jaringan yang dibutuhkan untuk menentukan tujuan dari paket-paket data yang akan dilewatkan .


Secara umum, router dibagi menjadi dua buah jenis, yakni :

static router (router statis): adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statis yang di setting secara manual oleh para administrator jaringan.

dynamic router (router dinamis): adalah sebuah router yang memiliki dan membuat tabel routing dinamis, dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga dengan saling berhubungan dengan router lainnya.

HUB

Hub adalah sebuah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peralatan-peralatan dengan ethernet 10Baset atau serat optik sehingga menjadikannya dalam satu segmen jaringan. Hub bekerja pada lapisan fisik (layer 1) pada model OSI. 10BaseT adalah sebuah standar yang digunakan untuk mengimplementasikan jaringan berbasis teknologi ethernet. Dan Secara sederhana, hub adalah perangkat penghubung. 




SWITCH

Switch adalah sebuah alat jaringan yang melakukan bridging transparan (penghubung segementasi banyak jaringan dengan forwarding berdasarkan alamat MAC). Switch jaringan dapat digunakan sebagai penghubung komputer atau router pada satu area yang terbatas. Ketika paket data dikirimkan melalui salah satu port pada switch, maka pengiriman paket data tersebut tidak akan terlihat dan tidak terkirim ke setiap port lainnya sehingga masing-masing port mempunyai bandwidth yang penuh. Hal ini menyebabkan kecepatan pentransferan data lebih terjamin. Dari keterangan diatas dapat disimpulkan bahwa switch lebih baik daripada hub baik secara perbandingan konseptual maupun secara prinsip kerjanya yang dapat membuat terjadinya collosion atau tabrakan.



Sumber : 


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Network Devices Dalam Jaringan Komputer
Ditulis oleh Tutorial Programming Simple
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://computercan.blogspot.com/2013/10/network-devices-dalam-jaringan-komputer.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar